Segera Lindungi Data Pribadi di Facebook

Artikel ini pertama kali terbit di Big Broters Watch, 23 Maret 2018 untuk membantu kita cara mengunduh salinan data Facebook dan mengetahui data mana yang bisa diolah oleh Facebook dan mana yang tidak.


Bagaimana cara mengunduh data Facebook?

Kamu dapat mengunduhnya dari Pengaturan. Untuk mengunduh informasi, lakukan langkah berikut:

  • Klik bagian kanan atas halaman Facebook dan pilih Pengaturan
  • Klik Unduh Salinan Data Facebook Saya di bagian bawah Pengaturan Akun Umum
  • Klik Mulai Arsip Saya

 

Kamu akan dimintai konfirmasi melalui email yang kamu gunakan untuk Facebook, bahwa kamu telah meminta arsip.

 

Arsip ini biasanya berisi sejumlah besar informasi pribadi yang sangat sensitif, termasuk informasi kontak, alamat, foto, dan pesan pribadi (lihat di bawah). Kamu harus berhati-hati dan menyimpannya dengan aman.

 

Saya sekarang memiliki arsip Facebook saya. Di mana saya dapat menemukan informasi kontak yang disimpannya tentang saya?

 

Lihat tab ‘info kontak’ di bawah ‘html’. Jika kamu telah mengendalikan dengan ketat pengaturan privasi kamu selama menggunakan Facebook, kamu tidak akan melihat banyak di sini.

 

Namun, banyak orang menemukan detail kontak lengkap dari akun ponsel dan email mereka. Beberapa bahkan menemukan panggilan ekstensif dan teks log, kemungkinan timbul dari izin aplikasi yang telah diberikan.

 

Mengapa daftar kontak saya menyertakan orang-orang yang tidak ada di Facebook?

 

Ketika kamu pertama kali mendaftar dan membuat akun Facebook, kamu diminta untuk menyerahkan daftar kontak dan buku alamat kamu agar Facebook dapat “Mencari Teman” untuk akun yang baru kamu buat.

 

Namun, cetakan kecil itu mengungkapkan:

Saat Anda memilih untuk mencari teman di Facebook, kami akan menggunakan dan menyimpan informasi dengan aman tentang kontak Anda, termasuk hal-hal seperti nama dan nama panggilan apa pun; foto kontak; nomor telepon dan kontak lainnya atau informasi terkait yang mungkin telah Anda tambahkan seperti hubungan atau profesi; serta data di ponsel Anda tentang kontak tersebut. Ini membantu Facebook membuat rekomendasi untuk Anda dan orang lain, dan membantu kami memberikan layanan yang lebih baik.

 

Hanya jika kamu meng-klik tab “Pelajari lebih lanjut”, kamu akan menemukan catatan yang menyarankan:

Anda mungkin memiliki kontak bisnis atau pribadi di telepon Anda. Harap hanya mengirim permintaan pertemanan kepada orang yang Anda kenal secara pribadi yang akan menyambut undangan.

 

Namun, tidak ada cara mudah untuk menjadi selektif jika kamu sudah mengizinkan Facebook untuk “Mencari Teman” untukmu. Meski telah mengeluarkan saran ini, Facebook akan melanjutkan untuk melakukan persis apa yang telah ia sarankan agar tidak kamu lakukan. Semua kontak kamu yang dapat ditemukan, dicocokkan dengan profil Facebook yang sudah kamu buat, dan digunakan untuk menyarankan “Orang yang mungkin Anda kenal”.

Sampai kamu sudah mengunduh arsip Facebook, kamu tidak akan dapat melihat sejauh mana Facebook telah menjangkau jaringanmu. Ini berarti bahwa Facebook dapat memetakan koneksi kamu dengan siapa pun, dari pengacara yang pernah kamu hubungi, ke teman kencan satu malam-mu, ke dokter kamu.

 

Semua jenis kontak yang terhubung di seluruh platform ini dapat menjadi masalah nyata bagi orang yang bekerja dengan profesi sensitif. Misalnya, dilaporkan bahwa dua pasien dari seorang psikiater telah direkomendasikan untuk berteman satu sama lain di Facebook melalui fungsi ‘Orang yang mungkin Anda kenal’.

 

Mengapa pesan yang saya hapus ada di arsip saya?

Pesan pribadi kamu dipertahankan hingga pengirim – dan semua penerima – telah menghapusnya. Jika kamu mengirim pesan ke orang lain, salinannya akan tetap ada hingga mereka menghapusnya, sehingga salinan itu dapat muncul di arsip kamu.

 

Dalam keadaan apa pun, pesan yang sudah dihapus mungkin tetap berada di server Facebook selama jangka waktu tertentu sebelum dihapus, dan akan tetap berada di server cadangan Facebook untuk jangka waktu yang lebih lama.

 

Apa yang ada di arsip saya?

Data Facebook kamu meliputi informasi yang tidak tersedia hanya dengan masuk ke akun saja, seperti iklan yang sudah kamu klik, sebagian besar alamat IP yang pernah kamu gunakan untuk masuk atau keluar dari akun Facebook, dan banyak lagi.

 

Apa yang ada di arsip saya? Apa itu?
About Me (Tentang Saya) Informasi yang ditambahkan ke bagian Tentang Saya di Linimasa (Timeline), seperti hubungan, pekerjaan, pendidikan, tempat tinggal, dan banyak lagi. Ini mencakup pembaruan atau perubahan apa pun yang dilakukan di masa lalu dan apa yang saat ini ada di bagian Tentang Saya di Linimasa.
Account Status History (Riwayat Status Akun) Tanggal saat akun diaktifkan kembali, dinonaktifkan, ditutup aksesnya, atau dihapus.
Active Sessions (Sesi Aktif) Semua sesi aktif yang tersimpan, termasuk tanggal, waktu, perangkat, alamat IP, mesn mesin cookie dan informasi browser.
Ads Clicked (Iklan yang Diklik) Tanggal, waktu, dan judul iklan yang diklik (periode penyimpanan terbatas)
Address (Alamat) Alamat yang tercatat saat ini atau alamat sebelumnya yang pernah tercatat di akun Facebook.
Ad Topics (Topik Iklan) Daftar topik yang mungkin ditargetkan ke kamu berdasarkan pada kesukaan, minat, dan data lain yang kamu masukkan dalam Linimasa.
Alternative Names (Nama Alternatif) Tiap nama alternatif yang kamu miliki di akun (misalnya: nama gadis atau nama panggilan).
Apps (Aplikasi) Semua aplikasi yang telah ditambahkan.
Birthday Visibility (Visibiltas Ulang Tahun) Bagaimana ulang tahun kamu terpampang di Linimasa.
Chat (Obrolan) Riwayat percakapan yang kamu miliki di Obrolan Facebook (Facebook Chat) (riwayat lengkap tersedia langsung dari kotak masuk pesan (inbox))
Check-ins (Check-in) Tempat-tempat yang pernah kamu tandai sebagai lokasi check-in.
Credit Cards (Kartu Kredit) Jika kamu pernah melakukan pembelian di Facebook (mis: pembelian dalam aplikasi) dan telah memberikan Facebook nomor kartu kredit yang kamu gunakan (ini mungkin tergantung pada pengaturan akun).
Currency (Mata Uang Mata uang pilihanmu di Facebook. Jika kamu menggunakan Pembayaran melalui Facebook, keterangan ini akan digunakan untuk menampilkan harga dan menagih kartu kredit yang kamu gunakan.
Current City (Kota Saat Ini) Kota yang kamu tambahkan ke bagian Tentang Saya di Linimasa.
Date of Birth (Tanggal Ulang Tahun) Tanggal yang ditambahkan ke bagian Ulang Tahun pada Tentang Saya di Linimasa.
Deleted Friends (Teman yang Dihapus) Orang yang kamu hapus dari pertemanan Facebook.
Education (Pendidikan) Informasi apa pun yang ditambahkan ke bagian Pendidikan di bagian Tentang di Linimasa.
E-Mail (Surel) Alamat surel yang ditambahkan ke akun (bahkan yang sudah dihapus)
Events (Acara) Acara yang pernah kamu ikuti atau diundang.
Facial Recognition Data (Data Pengenalan Wajah) Nomor unik berdasarkan pada perbandingan foto yang kamu tandai. Facebook menggunakan data ini untuk membantu orang lain menandai kamu di foto.
Family (Keluarga) Teman yang kamu indikasikan sebagai anggota keluarga.
Favorite Quotes (Kutipan Favorit) Informasi yang kamu tambahkan ke bagian Kutipan Favorit pada Tentang Saya di Linimasa.
Followers (Pengikut) Daftar orang yang mengikuti akun Facebook kamu.
Friend Requests (Permintaan Pertemanan) Daftar permintaan pertemanan yang dikirim dan masih menunggu, serta yang diterima.
Friends (Teman) Daftar teman-teman kamu di Facebook.
Gender (Jenis Kelamin) Jenis kelamin yang Anda tambahkan ke bagian Tentang Saya di Linimasa.
Group (Grup) Daftar grup yang kamu ikuti di Facebook.
Hidden from News Feed (Tersembunyi dari Kabar Berita) Setiap teman, aplikasi, atau halaman yang Anda sembunyikan dari Kabar Berita (News Feed).
Hometown (Kota Asal) Tempat yang kamu tambahkan sebagai kota kelahiran di bagian Tentang di Linimasa.
IP Address (Alamat IP) Alamat IP Daftar alamat IP tempat Anda masuk ke akun Facebook Anda.
Locale (Bahasa) Lokal Bahasa yang Anda pilih untuk menggunakan Facebook.
Logins (Masuk Akun) Daftar alamat IP, tanggal dan waktu yang terkait dengan login ke akun Facebook kamu.
Logouts (Keluar Akun) Daftar alamat IP, tanggal dan waktu yang terkait dengan logout dari akun Facebook kamu.
Messages (Pesan) Pesan yang kamu kirim dan terima di Facebook.
Name (Nama) Nama yang tertera pada akun Facebook.
Name Changes (Perubahan Nama) Setiap perubahan yang kamu lakukan pada bagian Nama yang digunakan saat mendaftar ke Facebook.
Networks (Jaringan) Jaringan (afiliasi dengan sekolah atau tempat kerja) yang kamu miliki di Facebook.
Notification Settings (Pengaturan Pemberitahuan) Daftar semua preferensi pemberitahuan kamu dan apakah kamu mengaktifkan atau menonaktifkan masing-masing pemberitahuan melalui email dan teks (SMS).
Pages You Admin (Halaman Yang Anda Kelola) Daftar Halaman Facebook yang kamu kelola
Pending Friend Requests (Permintaan Pertemanan Yang Menunggu) Daftar permintaan pertemanan yang sudah dikirimkan dan statusnya masih menunggu, ataupun permintaan pertemanan yang diterima namun belum dikonfirmasi.
Phone Numbers (Nomor Telepon) Nomor ponsel yang telah ditambahkan ke akun, termasuk nomor ponsel terverifikasi yang kamu tambahkan untuk tujuan keamanan.
Photos (Foto) Foto yang sudah diunggah ke akun.
Photos Metadata (Metadata Foto) Tiap metadata yang ditransmisikan sehubungan foto yang diunggah.
Physical Tokens (Token Fisik) Lencana yang sudah kamu tambahkan ke akun.
Pokes (Colekan) Daftar orang yang telah mencolek ataupun dicolek. Konten colekan dari aplikasi colekan seluler tidak disertakan karena hanya tersedia untuk jangka waktu yang sangat singkat.
Political Views (Pandangan Politik) Informasi yang kamu tambahkan ke bagian Politik pada Tentang Saya di Linimasa.
Posts by You (Postingan oleh Anda) Apapun yang kamu pos ke Linimasa akun sendiri, seperti foto, video, dan pembaruan status.
Posts by Others (Postingan oleh Orang Lain) Apapun yang diposkan ke Linimasa kamu oleh orang lain, seperti kiriman dinding atau tautan yang dibagikan ke Linimasa oleh teman.
Privacy Settings (Pengaturan Privasi) Pengaturan privasi kamu.
Recent Activities (Aktivitas Terbaru) Tindakan dan interaksi yang kamu lakukan di Facebook baru-baru ini.
Registration Date (Tanggal Registrasi) Tanggal kamu bergabung di Facebook.
Religious Views (Pandangan Keagamaan) Informasi terkini yang kamu tambahkan ke bagian Keagamaan pada Tentang Saya di Linimasa.
Removed Friends (Teman yang Dihapus) Orang yang kamu hapus dari pertemanan Facebook.
Screen Names (Nama Layar) Daftar nama layar yang sudah ditambahkan ke akun dan layanan yang terkait dengannya. Kamu dapat melihat visibilitas (tersembunyi atau terlihat) dari informasi ini di akun kamu.
Spoken Languages (Bahasa yang Dikuasai) Informasi yang ditambahkan mengenai bahasa yang dikuasai di bagian Bahasa pada Tentang Saya di Linimasa.
Status Updates (Pembaruan Status) Setiap pembaruan status yang sudah diposkan.
Work (Pekerjaan) Informasi terbaru yang telah ditambahkan di bagian Pekerjaan pada Tentang Saya di Linimasa.
Vanity URL (Alamat Akun Facebook) URL dari akun Facebook milikmu (misalnya: nama pengguna atau alamat untuk akun kamu)
Videos (Video) Video yang kamu pos ke Linimasa.

 

Apakah informasi saya dari platform yang dimiliki Facebook (misalnya Instagram dan WhatsApp) dibagikan dengan Facebook?

Ya – meskipun informasi ini tidak akan dapat diakses melalui arsip data Facebook yang kamu unduh. Facebook mengklaim integrasi ini diperlukan untuk itu untuk melakukan peran ‘kontra-terorisme’. Perusahaan Facebook menyebut ini sebagai “kolaborasi lintas platform” yang melibatkan “data terbatas” yang tidak teridentifikasi secara terpusat dari seluruh platform “keluarga” Facebook.

 

Saya tidak memiliki akun Facebook – apakah Facebook memiliki data tentang saya?

Mungkin – lihat bagian “Mengapa daftar kontak saya menyertakan orang-orang yang tidak ada di Facebook?” di atas.

 

Jika kamu tidak memiliki akun Facebook, kamu tetap dapat membuat permintaan akses data ke Facebook. Silakan cek informasinya pada tautan berikut: https://en-gb.facebook.com/help/103846099705922?helpref=faq_content

 

Mengapa Facebook mengumpulkan semua data ini?

Facebook adalah mesin pengintai global pencari-keuntungan yang mengeksploitasi data untuk proses komersial dan pemasaran. Pada dasarnya, Facebook adalah basis data intelijen internasional yang memiliki 2,2 miliar profil aktif – dan angka tersebut adalah angka mayoritas orang-orang sedunia yang terhubung ke internet.

 

Seperti yang telah kita lihat dalam berita baru-baru ini, ketika informasi pribadi dan analisis mendalam dari masing-masing kita tersedia bagi penawar tertinggi – mulai dari kecenderungan politik, seksualitas, hingga ciri psikologis – platform tersebut menimbulkan risiko tidak hanya terhadap hak individu, tetapi juga proses demokrasi secara luas.

 

Disadur dari Big Brother Watch
Penerjemah: Ellen S. Kusuma
Editor: Damar Juniarto