[Seminar] SAFEnet Goes To Pekan Komunikasi 2018: 16 – 18 April 2018 di Universitas Indonesia

SAFEnet ikut serta dalam kegiatan terbesar komunikasi di Indonesia, yaitu Pekan Komunikasi Universitas Indonesia. Kegiatan nasional ini berpusat di Balai Sidang Universitas Indonesia mulai 16-18 April 2018. Pekan Komunikasi tahun ini mengangkat tema post-truth. Salah satu fenomena komunikasi yang melatarbelakangi kemenangan Donald Trump sebagai Presiden AS, juga keluarnya Inggris dari EU (Brexit), hingga fenomena hoaks dan Saracen yang terjadi di Indonesia.

SEMINAR NASIONAL
“Freedom of Speech is Overrated?”
Senin, 16 April 2018 pukul 08-12 di Balai Sidang UI

“Freedom of Speech is Overrated?” Seminar pembuka Pekan Komunikasi 2018 akan membahas tentang era prosumer yang akhirnya membuat siapa saja dapat mengatakan apa saja dengan mudah dan murah.

Topik-topik sensitif yang tadinya jarang dibicarakan pun mulai naik ke permukaan. Orang-orang secara terbuka mempublikasikan kandidat politik pilihannya, dan secara terang-terangan juga menghina kandidat lain.

Sayangnya, tuduhan hate speech yang dilayangkan kepada mereka ini disanggah dengan mengatasnamakan hak menyatakan pendapat.

LOKAKARYA
“Reporting Problematic Post on Social Media Platform”
Senin, 16 April 2018 pukul 13-16 di Balai Sidang UI

 

SEMINAR MEDIA MATTERS X JOURNALIGHT 2018:
“Survive in the Hoax and Fake News World”
Rabu, 18 April 2018 pukul 10-selesai di Balai Sidang UI

Menggunakan sudut pandang Kajian Media dan Jurnalisme yang saling melengkapi, seminar ini akan membahas tentang penyebab, dampak, serta cara mengatasi fenomena post-truth di Indonesia dan dunia, termasuk di Eropa.

Narasumber yang ahli di bidangnya akan menjelaskan perilaku masyarakat dan konteks sosial dalam era post truth, memberikan pemahaman tentang bagaimana menghadapi berita palsu, dan kemampuan apa saja yang harus dimiliki untuk menghindarinya.