[Diskusi] #20TahunReformasi : Apakah Reformasi Masih Relevan?

Pasca kejatuhan Soeharto, Indonesia memasuki Orde Reformasi. Orde ini sudah berjalan 20 tahun. Setidaknya ada enam tuntutan utama yang melandasi reformasi. Keenam tuntutan tersebut adalah: pertama, penegakan supremasi hukum; kedua, pemberantasan KKN; ketiga, pengadilan mantan Presiden Soeharto dan kroninya; keempat, amandemen konstitusi; kelima , pencabutan dwifungsi ABRI (TNI/Polri), dan; keenam, pemberian otonomi daerah seluas-luasnya.

Dari keenam poin tuntutan, terhitung sejak bergulirnya reformasi sampai saat ini belum satupun yang dapat disebut berhasil. Poin (1) sampai (3) jelas tidak terealisasi sama sekali. Sementara, untuk poin (4) sampai poin (6) meskipun sudah coba direalisasikan, sepenuhnya belum bisa dikatakan berhasil.

Hari ini narasi besar reformasi muncul di tengah fakta kegagalannya. Suara massa rakyat didorong lebih ke partispasi Pemilu (pilkada, pileg, dan pilpres). Elit-elit politik sibuk saling sikut dengan menyebarkan politik hoax hingga memperkuat politik bernuansa rasisme. Biasanya tujuannya bukan sekedar kursi, tapi juga kolusi dan korupsi. Sementara persoalan besar massa rakyat seperti hak asasi manusia, hak sipil dan warga negara untuk semakin merdeka, setara dan sejahtera terus diabaikan. Menjadi pertanyaan bagi semua pada akhirnya, masih relevan kah reformasi? Apakah ini harus dituntaskan atau diselamatkan? Ataukah ini sesuatu yang sudah saatnya dibuang karena terbukti gagal dalam menjalankan transisi? Sehingga dibutuhkan suatu konsep baru dalam arah perjuangan ke depan?

 

Untuk mencari jawaban atas pertanyaan tersebut, kami mengundang kawan-kawan untuk menghadiri diskusi bertajuk “Apakah Reformasi Masih Relevan” yang diselenggarakan oleh Komite 1 Mei untuk Kemerdekaan, Kesetaraan, dan Kesejahteraan (KOMITMEN) sebagai salah satu upaya dalam memperingati #20TahunReformasi.

Narasumber diskusi:
• Hari Wibowo (KOMITMEN)
• Asfinawati (Direktur YLBHI)
• Rocky Gerung
• Sammy Gultom
Moderator: Sarinah (F-SEDAR)

Acara ini akan diselenggarakan pada:
Hari/Tanggal : Rabu, 16 Mei 2018
Pukul : 15.30-18.00 WIB
Tempat : YLBHI, Jalan Diponegoro No. 74 Menteng Jakarta Pusat
CP: 0823-4885-3652

Demikian undangan ini kami sampaikan. Atas perhatiannya, kami ucapkan banyak terima kasih.

#KOMITMEN