Penyerahan Donasi #SaveIbuNuril di Kitabisa.com Kepada Ibu Baiq Nuril


Hari Minggu (25/8/2019) telah dilakukan penyerahan donasi oleh PAKU ITE dan SAFEnet kepada Ibu Baiq Nuril di rumah beliau, Perumahan BTN Harapan Permai Labuapi Nomor 63, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Sebelumnya PAKU ITE dan SAFEnet telah menggalang dana publik sejak 13 November 2018 hingga 29 Juli 2019 melalui platform crowdfunding Kitabisa.com. Donasi yang terkumpul sebanyak Rp421.737183 atau 80 persen dari target Rp550.000.000.

Tujuan penggalangan dana, waktu itu untuk membantu Ibu Nuril membayarkan denda akibat diputus bersalah dalam kasasi dan peinjauan kembali (PK) oleh Mahkamah Agung (MA). Namun, dalam perjalanan kasus, Ibu Nuril memperoleh pengampunan berupa amnesti dari Presiden Joko Widodo. Oleh karena itu, sebagai komitmen sejak awal, dana ini diberikan sepenuhnya untuk Ibu Nuril

Seusai menerima donasi, Ibu Baiq Nuril menyampaikan terima kasih kepada para penyumbang yang telah menyisihkan uang untuk memberi donasi. “Saya ucapkan terima kasih kepada Paku ITE, SAFEnet, dan Kitabisa.com atas donasi ini. Donasi ini akan kami gunakan sebaik-baiknya. Semoga berkah dan bermanfaat bagi keluarga kami.”

Ketua Paguyuban Korban UU ITE, M Arsyad mengatakan, donasi ini bentuk solidaritas warga negara kepada korban UU ITE. “Kami berharap agar tidak ada lagi korban UU ITE, sehingga warga negara tidak diberatkan dengan denda yang sangat besar. Kami mendesak juga kepada pemerintah dan DPR RI untuk menghapus pasal karet UU ITE,” ujar Arsyad.

Terkait penggunaan donasi, Arsyad berharap dana ini dapat bermanfaat dan berguna sebaik-baiknya bagi Ibu Nuril. []

Mataram, 25 Agustus 2019