SAFEnet bicara di podcast Talking Indonesia: Serangan digital pada aktivis dan media

Beberapa tahun terakhir di Indonesia, berulang kali terjadi peretasan akun media sosial para aktivis, perusakan situs web media, serta aktivitas pengaruh politik dan bot otomatis yang menyerang para kritikus dan mempromosikan garis pro-pemerintah. Selain serangan digital ini, pemerintah Indonesia juga dua kali mencekik atau mematikan internet pada 2019, pertama di Jakarta dan selanjutnya di Papua.

Serangan digital terhadap aktivis dan media menimbulkan sejumlah pertanyaan: siapa yang bertanggung jawab atas serangan ini, apa pengaruhnya terhadap demokrasi Indonesia, dan reformasi apa yang diperlukan untuk melindungi pengguna internet di Indonesia dengan lebih baik?

Di podcast Talking Indonesia, Dr Dave McRae berdiskusi dengan Direktur Eksekutif SAFENet Damar Juniarto tentang serangan digital baru-baru ini terhadap aktivis dan media di Indonesia: siapa yang bertanggung jawab atas serangan ini, apa pengaruhnya terhadap demokrasi Indonesia, dan reformasi apa yang diperlukan untuk melindungi pengguna?

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *